Website Yang Efektif


Jasa Pembuatan Website

Puluhan website diluncurkan setiap hari, baik oleh perusahaan ataupun perorangan. Sebagian besar bertujuan bisnis, baik yang ingin melakukan penjualan secara langsung melalui toko online (online store), mempromosikan poduk dan jasa atau untuk menjalankan strategi marketing yang lebih besar.  Namun sangat disayangkan, banyak pemilik website yang kurang menyadari mengenai efektfitas sebuah website untuk bisnis mereka.
Para pelaku bisnis ini, ketika mulai membangun sebuah website, baik yang menggunakan jasa pembuatan website ataupun merekrut karyawan sebagai web programmer tetap, mereka tidak memiliki gambaran secara lengkap bagaimana sebuah website dapat bekerja untuk ikut mengembangkan bisnis mereka.  Yang terjadi kemudian, upaya untuk membangun website untuk bisnis lebih bersifat coba-coba atau untung-untungan. Atau ada juga yang hanya sekedar ikut-ikutan. Ketika kemudian website yang dibuat tidak menunjukkan hasil yang signifikan dalam meningkatkan bisnis mereka, muncullah kesimpulan yang salah bahwa website belum efektif sebagai alat marketing online.
Keberhasilan sebuah website diukur dari tingginya trafik pengunjung serta respon pengunjung website. Untuk toko online, respon pengunjung langsung terukur melalui jumlah order yang masuk. Keberhasilan ini ditentukan oleh beberapa faktor yang harus dipenuhi oleh si pembuat website, dimana untuk memenuhinya dibutuhkan multi skill yang terintegrasi. Sayangnya banyak jasa pembuatan website ataupun tenaga web programmer tidak memiliki semua skill ini
Berikut beberapa faktor penentu efektifitas sebuah website serta skill yang dibutuhkan untuk memenuhinya :
1. Trafik Pengunjung
Jumlah pengunjung adalah faktor utama yang menentukan apakah sebuah website cukup efektif atau tidak dalam mencapai target yang ditentukan dalam pembuatan website. Seperti layaknya pengunjung toko, semakin banyak pengunjung yang mampir, akan semakin tinggi kemungkinan terjadinya penjualan. Lantas bagaimana mendatangkan pengunjung sebanyak-banyaknya ke website kita? Dengan memasang iklan? Untuk perusahaan besar mungkin bukan masalah namun bagaimana dengan usaha-usaha kecil atau individu? Tentunya mengeluarkan biaya iklan bukan pemecahan yang tepat. Jawaban yang tepat adalah dengan memanfaatkan search engine, khususnya Google. Sebuah website harus terindeks dengan baik di halaman pencarian Google, bukan hanya halaman website utamanya, namun juga halaman-halaman lainnya. Disini dibutuhkan struktur yang baik dalam membuat kerangka website. Dibutuhkan keahlian yang terintegrasi antara web programming dan Search Engine Marketing untuk dapat menghasilkan website seperti ini. Semakin baik struktur website, kemampuan m,endatangkan pengunjung melalui search engine semakin optimal. Akhirnya website dan halaman-halamannya akan “menjual” dengan sendirinya melalui hasil pencarian di search engine.
2. Desain template.
Desain template adalah desain atau tampilan visual website. Desain yang menarik dan profesional serta sesuai dengan bisnis yang dtawarkan akan menarik minat pengunjung untuk mengenal lebih jauh dan mempelajari produk/jasa yang ditawarkan.  Selain itu, desain yang bagus dan profesional juga akan meningkatkan kepercayaan pengunjung. Untuk menghasilkan desain yang baik tentunya dibutuhkan skill Desain Grafis yang memadai serta kreatifitas yang tinggi.
3. Nilai informasi.
Banyak pemilik website yang terlalu percaya diri atau kurang komitmen ketika membangun website, mereka tidak mengganggap serius dalam menyediakan informasi-informasi yang jelas mengenai produk/jasa yang ditawarkan pada website yang dibangun. Mereka terlalu percaya bahwa pengunjung tentu akan berusaha untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan cara menghubungi mereka. Pandangan ini salah besar dan sayangnya banyak pembuat website yang tidak mengingatkan hal ini ke kliennya.  Ingat, halaman websiyte saat ini sangat banyak dan pengguna internet dalam mencari informasi selalu mengutamakan kemudahan. Sekali mereka melakukan pencarian informasi lewat Google, ratusan halaman akan muncul dalam sekejap. Hanya dengan beberapa klikan jari, puluhan halaman website yang berbeda akan terbuka. Tentunya website yang paling menarik dan paling informatiflah yang akan memenangkan hati pengunjung. Untuk apa repot-repot menghubungi pemilik website untuk tambahan informasi jika di website lainnya sudah tersedia lengkap.
4. User friendly
Website yang user-friendly memenuhi beberapa kriteria antara lain : ketika pertama kali pengunjung membuka halaman website,, baik tampilan maupun highlight informasi yang tampak dapat langsung memberitahu pengunjung bisnis atau jenis produk apa yang ditawarkan dalam website tersebut. Jangan bikin pengunjung website anda harus mengkerutkan dahi atau harus membuka beberapa halaman dulu untuk dapat mengerti apa yang ditawarkan website anda, karena website seperti itu akan segera ditutup oleh pengunjung. Kriteria kedua adalah struktur halaman dan menu navigasi yang jelas, jadi pengunjung akan langsung mengerti, bagian mana yang harus ia buka untuk mendapatkan informasi-informasi tertentu yang ia butuhkan. Tidak bertele-tele.
5. Jelas pemiliknya
Ada banyak website yang cukup menarik dan menjual produk-produk yang menarik juga, namun pengunjung selalu ragu untuk melakukan pembelian karena informasi tentang si pemilik website tidak jelas, apalagi begitu maraknya penipuan online yang sering terjadi. Jika perlu anda dapat memasang peta google di website anda yang menunjukkan lokasi kantor atau toko anda.
Jika 4 kriteria diatas dapat terpenuhi dengan baik, yakinlah website anda akan efektif membantu bisnis anda berkembang.

Leave a Reply

Diberdayakan oleh Blogger.